KETUA DPRD KAB INHIL

DANI M NURSALAM

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh !

Laman www.danimnursalam.com ini menjadi beranda terdepan menyampaikan berbagai aktifitas, pandangan dan media komunikasi dua arah saya sebagai wakil rakyat kepada konstituen.

Keberadaan media ini diharapkan dapat lebih mendekatkan hubungan silaturrahmi antara saya dan seluruh elemen masyarakat, terutama di Kabupaten Indragiri Hilir.

Media ini menjadi laman penyampai informasi dan aspirasi, dan laman terbuka bagi saya dan anak negeri lainnya menuangkan berbagai ide, pemikiran dan saran konstruktif bagi kemaslahatan bersama.

Melalui aspirasi dan masukan yang disampaikan di media ini, maka kita dapat 'Bergerak Cepat & Tepat' melakukan langkah terbaik dan tepat bagi pembangunan di negeri ini.

Mari kita bersinergi berbuat yang terbaik bagi merengkuh masa depan yang gemilang.

Aamiin...

BERITA VIDEO

Profil H Dani M Nursalam SPi MSi

Saya, H Dani M Nursalam merupakan putera ke-6 dari pasangan H Abdul Halim Side (almarhum) dan Hj Norma Ahna, lahir 26 Oktober 1973. Menjalani masa kecil dan menempuh pendidikan dasar di SDN 003 Tembilahan (1981-1986). Kemudian menempuh pendidikan menengah, di SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu, lalu melanjutkan pendidikan ke luar Inhil di SMA 6 (sekarang SMA 8) Pekanbaru.

Setelah menamatkan pendidikan di SMA 6 Pekanbaru, Saya lalu meneruskan pendidikan pada Universitas Riau (UNRI), mengambil Program Studi Ilmu Kelautan di Fakultas Perikanan. Gelar MSi didapat dengan menempuh studi di Manajemen Publik Universitas Sutomo (2016).

Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi

Sejak masa-masa menempuh perkuliahan di UNRI, sebagaimana generasi muda lainnya yang sedang mencari jatidiri, saya sudah tertarik terjun kedalam dunia kepemimpinan dan politik. Sejak tahun 1993, sudah dipercaya menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan di Fakultas Perikanan, setahun kemudian diberi amanah sebagai Ketua Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan.

Menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Perikanan, tahun 1996-1997. Pada tahun 1996 terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas dan Universitas Riau.

Dilatari pendidikan yang secara langsung bergelut dengan alam dan lingkungan, membuat saya juga aktif di organisasi pecinta lingkungan, sehingga ditunjuk sebagai Wakil Ketua Mahasiswa

Pecinta Lingkungan (Mapala) pada tahun 1995-1996. Saat ini, menggeluti olahraga touring dan jelajah alam, terutama bersepeda sampai ke ujung kampung di pelosok Indragiri Hilir.

Sampai kemudian terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Indragiri Hilir (HIPPMIH) Pekanbaru, yang merupakan wadah berhimpun gabungan organisasi mahasiswa dari seluruh kecamatan di Kabupaten yang menempuh pendidikan di Kota Bertuah, Pekanbaru.
Setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dan kembali ke kampung halaman, kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, jiwa berorganisasi tetap tertanam kokoh dalam diri saya. Sehingga saya bergabung dan memilih aktif di organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Gerakan Pemuda Anshor Kabupaten Indragiri.

Sebelum memilih bergabung di partai politik (Parpol), sempat melakoni berbagai pekerjaan mulai dari bekerja mengantar es sampai mencoba ikut tes menjadi abdi negara, PNS. Namun ternyata, suratan takdir mengantarkan saya justru harus terjun ke dunia politik praktis yang tidak linier dengan pendidikan tinggi saya, yaitu Ilmu Kelautan.

Karier Politik

Saya mulai total memilih terjun ke dunia politik praktis pada tahun 2001 silam dan jatuh hati pada partai politik besutan KH Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan Gus Dur (almarhum), yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Saya memang mengagumi dan mengidolakan sosok Gus Dur.

Hanya tiga tahun sejak memilih bergabung dengan PKB, pada Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2014, Saya, suami dari Hj Neti Ferawati S.Pi dan ayah dari M Faridz Nursalam (14), Nalya Shifa (10), M Daffa Nursalam (7) mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 yang sering disebut 'Dapil Neraka' karena beratnya pertarungan di Dapil yang terdiri dari Kecamatan Tembilahan, Tembilahan Hulu, Tempuling dan Kempas ini.

Berkat usaha didukung doa serta strategi berpolitik, pertama kali maju sebagai anggota legislatif, saya mendapatkan suara cukup signifikan untuk mengantarkan duduk sebagai anggota DPRD Inhil hasil Pileg 2004 tersebut. Saat itu, PKB mendapatkan tiga kursi dan bergabung dengan partai lainnya membentuk satu fraksi gabungan dan diberi nama Fraksi Gemilang Bersatu, saya dipercaya sebagai Ketua Fraksi.

Kemudian saya diberikan amanah menakhodai DPC PKB Inhil pada Muscab ke- 3 pada tahun 2005, sejak saat itu, saya menggencarkan koordinasi dan konsolidasi sampai ke tingkat bawah serta membina basis kader dan konstituen, sehingga kursi legislatif yang diperoleh PKB pun bertambah menjadi 6 kursi pada Pileg tahun 2009 lalu, saya duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Inhil.

Kemudian pada Muscab ke-4 tahun 2010, jabatan Ketua DPC PKB Inhil secara aklamasi tetap dipercayakan kepada saya. Saya pun berkomitmen membesarkan partai nahdliyin ini, sehingga sangat diperhitungkan dan mewarnai di kancah perpolitikan Kabupaten Indragiri Hilir, bahkan Provinsi Riau.

Puncaknya, pada Pileg 2014, saya masih dipercaya konstituen dan meraih dukungan suara sangat signifikan yakni lebih dari 6000 suara. Bahkan, PKB mampu mengantarkan 8 kadernya duduk di gedung parlemen di Jalan Soebrantas, Tembilahan. Untuk itu, posisi Ketua DPRD Kabupaten Inhil menjadi milik PKB, sebagai peraih suara terbanyak. Muscab PKB ke-5 tahun 2015, terpilih untuk ke-3 kalinya sebagai Ketua DPC PKB.***